PEMERINTAH DAN KORUPSI  

Posted by: rhialiah in

Sebelum , saya bercerita banyak tentang hal ini kita semua sebaiknya harus memahami dulu apa itu “ KORUPSI “ ?

Ada beberapa hal yang saya fahami mengenai definisi dari “ KORUPSI “ :

Menurut asal kata
Korupsi berasal dari bahas Latin yaitu corruption . Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang artinya busuk , rusak , menggoyahkan , memutarbalik , atau menyogok .

Menurut Transparency International
Korupsi adalah perilaku pejabat public , mau politikus atau pegawai negeri yang secara nggak wajar dan gak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengan dirinya , dengan cara menyalahgunakan kekuasaan public yang dipercayakan kepada mereka .

Menurut Hukum di Indonesia
Penjelasannya secara tuntas ada dalam tiga belas pasal UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 21 Tahun 2001 . Menurut UU itu ada tiga puluh jenis tindakan yang bisa dikategorikan sebagai tindak korupsi .

Seperti yang kita ketahui , saat ini di Negara kita banyak sekali selaku orang yang bekerja dalam pemerintahan , malah melakukan “ KORUPSI “ besar – besaran , tanpa memikirkan warga Negara ini . Padahal , seandainya mereka sadar bahwa mereka sama sekali gak pantas melakukan hal itu karena sama aja mereka memakan daging saudaranya sendiri , tapi apa boleh buat nasi udah jadi bubur , kenyataannya adalah bahwa orang penting yang ada di Negara ini justru mereka sendiri yang menjadi potensi besar untuk menghancurkan Negara kita .


Lihat aja , bahwa para pejabat yang ada di pemerintahan banyak sekali yang ketahuan melakukan hal keji ini . Mengapa ya , mereka gak berusaha menunjukkan sesuatu yang berharga bagi rakyat yang mereka pimpin ? Kenyataan pahitnya lagi, karena Negara kita dikenal dengan rating Negara yang memiliki garis kemiskinan yang cukup tinggi . Apa itu gak cukup membuat hati nurani mereka tergerak ? Bukannya membuat Negara maju , malah membuat Negara makin terpuruk dan hancur . Benar – benar hal yang sangat memalukan dalam sejarah negara ini .

Tapi , mereka faham gak sih masalah apa aja yang bisa ditimbulkan dari perbuatan mereka , dalam hal ini adalah korupsi yang mereka lakukan ?
Hal ini bisa menyebabkan beberapa hal yang sangat negative bagi Negara kita , yaitu :

Penegakan hukum dan layanan masyarakat jadi amburadul , misalnya pada lalu lintas kayaknya bisa jadi contoh yang pas . Dari ngurus SIM sampai sidang kasus tilang , gak ada lagi yang berjalan sebagaimana mestinya . Ujung – ujungnya , duit dan kekuasaan lah yang bicara . Kalau gak punya dua hal makhluk itu , jangan harap bisa dapat layanan masyarakat yang oke atau keadilan di mata hukum.


Prestasi jadi gak berarti , seharusnya orang bisa menduduki jabatan tertentu karena dia emang berprestasi dan komputen . Tapi , kenyataan bicara lain , bahwa siapa aja bisa menduduki posisi apa aja , syaratnya ? Ya itu tadi , punya uang atau kekuasaan . Hasilnya ? Banyak banget posisi penting yang diduduki oleh orang yang gak becus . Kita – kita lagi deh yang kena getahnya .


Ekonomi jadi hancur . Ada dua kata kuncinya , nggak efisien . Mau bikin pabrik , musti nyogok sana sini . Mau buka usaha dengan modal kecil , kalah sama perusahaan – perusahaan yang bermodal gede yang deket ama pemegang kekuasaan . Nggak heran orang asing mulai males investasi di Indonesia . Buntut – buntutnya , kita – kita juga yang sengsara . Nyari kerja jadi susah , bertahan hidup apa lagi ?

Itu tadi adalah beberapa contoh kecil akibat dari perbuatan korupsi oleh orang – orang yang gak bertanggung jawab .

Eit , tunggu dulu jangan kira kita – kita mandang bahwa korupsi itu hanya dilakukan oleh orang – orang yang ada di pemerintahan karena dalam kehidupan sehari – hari tanpa sadar kita juga telah melakukan korupsi lho dan ada beberapa contoh lagi yang akan saya terangkan mengenai apa aja sih hal – hal korupsi yang telah kita lakukan ?

Nyalahgunain uang orang lain , malsuin Bukti , ngebiarin orang lain malsuin bukti , palak – memalak , bahkan nyontek sampai bolos sekolah itu termasuk korupsi lho , makanya kita – kita harus lebih hati – hati dalam memahami hal ini .


Tapi , ada banyak juga kok yang peduli tentang nasib Negara kita contohnya adalah orang – orang yang bekerja dalam “ KPK “ mereka benar – benar menunjukkan kepedulian mereka dengan berani membongkar kejahatan – kejahatan para “ KORUPTOR “ yang tanpa rasa malu tetap berkeliaran dengan bebas . Buktinya sudah banyak para pelaku korupsi yang tertangkap tangan oleh “ KPK “ .



This entry was posted on Selasa, November 04, 2008 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar